Home Academik Webinar Tribute to Prof. Dr. Ir. Ratna Nirmala, M.S.

Webinar Tribute to Prof. Dr. Ir. Ratna Nirmala, M.S.

66

“Peran Kultur Jaringan Dalam Perbanyakan dan Perbaikan Sifat Tanaman”
Lagi – lagi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman harus melepas salah satu dosen kebanggannya yang kurang lebih sudah 45 tahun mengabdi. Setelah jurusan THP melepas pengabdian Ibu Ir. Hj. Hudaida Syahrumsyah, MP , kini giliran jurusan Agroekoteknologi yang mendapat giliran harus melepas bakti pengabdian Ibu Prof. Dr. Ir. Ratna Nirmala, M.S.
Jumat pagi, 26 Juni 2020 tepat pukul 09.00 – 11.00 WITA Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian mengadakan acara webinar dengan tema Tribute to Prof. Dr. Ir. Ratna Nirmala, M.S. yang mana tujuan acara ini dilaksanakan tentunya khusus untuk beliau yg melepas masa pengabdiannya sebagai dosen di fakultas pertanian. Di awal acara sambutan sekaligus pelepasan dilaksanakan oleh Ketua Jurusan Agroekoteknologi oleh Bapak Dr. Ir. H. A. Syamad Ramayana, MP. dilanjutkan Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. H. Rusdiansyah, M.Si, via daring/online melalui aplikasi zoom meeting. Dekan Faperta menyampaikan bahwa Ibu Ratna Nirmala merupakan benar-benar asli berawal dari fakultas pertanian yang sudah mengabdi kurang lebih 45 Tahun, beliau (Ibu Ratna Nirmala) merupakan generasi pertama atau kedua yang ada di fakultas pertanian ini. Pak dekan pun berharap bahwasanya semoga ibu ratna nirmala bisa sehat dan tetap dapat memberikan masukan ilmunya kepada seluruh dosen keluarga besar fakultas pertanian.

Sebelum memasuki masa pensiun, Prof. Dr. Ir. Ratna Nirmala, M.S. , merupakan lulusan S1 Jurusan Agronomi Fakuktas Pertanian Universitas Mulawarman di Tahun 1975, lulusan S2 Jurusan Agronomi Institut Pertanian Bogor di Tahun 1985 dan mengambil Program Doktor (S3) Jurusan Biologi FMIPA Institut Teknologi Bandung. Beliau juga memiliki bidang keahlian fisiologi tumbuhan dan teknik kultur jaringan tanaman.
Pagi hari itu disaat sesi beliau, Ibu Prof. Dr. Ir. Ratna Nirmala, M.S. menyampaikan pesan dan kesannya selama ini, “Disini saya mengucapkan terimakasih sekali atas kepercayaan dan penghargaan yang telah diberikan sehingga bisa terselenggarakannya acara webinar pada hari ini” ujar Ibu Ratna Nirmala. Beliau juga menyampaikan harapannya agar seluruh jajaran Jurusan Agroekoteknologi dapat selalu bersatu padu dalam membangun jurusan Agroekoteknologi yang lebih berkembang maju menjadi lebih baik lagi.

Di waktu yang bersamaan kegiatan webinar tribute ini juga mengundang dua narasumber dari pengajar jurusan Agroekoteknologi yaitu Ibu Dr. Ir. Hj. Ellok Dwi Sulichantini, M.Si dan Ibu Dr. sc. agr. Nurhasanah, S.P., M.Si. , serta tidak lupa juga moderator yang mengatur di saat acara berlangsung yaitu Bapak Widi Sunaryo, S.P., M.Si., Ph.D.

Di sesi speaker pertama, webinar di jelaskan oleh Ibu Dr. Ir. Hj. Ellok Dwi Sulichantini, M.Si dengan judul “Teknik Kultur Jaringan Untuk Perbanyakan Tanaman” , kemudian dilanjutkan sesi speaker kedua yaitu oleh Ibu Dr. sc. agr. Nurhasanah, S.P., M.Si. dengan judul “Peran Bioteknologi dalam Perbaikan Sifat Tanaman”. (Silakan Download Materi disini)
Setelah materi dari narasumber selesai, MC pada siang itu (Ibu Nurul Puspita Palupi, S.P., M.Si dan Ibu Penny Pujowati, SP., M.Si.) memberikan sertifikat kepada narasumber di acara pagi hari itu. Tidak lupa juga pemberian cinderamata kepada Ibu Prof. Dr. Ir. Ratna Nirmala, M.S. berupa foto kenang-kenangan dan buku pesan kesan dari seluruh dosen dan staff yang ada di jurusan Agroekoteknologi. 
Selanjutnya setelah sampai di penghujung acara, pesan dan kesan pun disampaikan dari alumni dan dosen Fakultas Pertanian UNMUL kepada Ibu Prof. Dr. Ir. Ratna Nirmala, M.S. dimana para alumni dan dosen pun bercerita kenangan mereka bersa dengan beliau baik itu sebagai rekan pengajar dan mahasiswa bimbinan beliau, mereka juga berharap semoga beliau dapat selalu diberikan kesehatan sehingga tetap selalu dapat memberikan masukan dan ilmu khususnya untuk jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.