Home Academik Webinar Series 1 : “Peningkatan Produksi Padi Pada Iklim Tropika Basah Untuk...

Webinar Series 1 : “Peningkatan Produksi Padi Pada Iklim Tropika Basah Untuk Mendukung Ketahanan Pangan”

92

Webinar Seri 1
“Peningkatan Produksi Padi Pada Iklim Tropika Basah Untuk Mendukung Ketahanan Pangan”

Berbagai inovasi pendidikan harus dilakukan oleh seluruh lembaga pendidikan ditengah fenomena pandemik Covid-19 dengan memastikan kegiatan seminar ilmu pengetahuan tetap dapat berjalan efektif meskipun dilakukan dirumah dan tidak menganggap hal tersebut sebagai kesempatan liburan dan berpergian ketempat keramaian sehingga kebijakan ini akan menjadi tidak tepat sasaran. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dengan keadaan ini tetap berinovasi melaksanakan kegiatan webinar berseri dengan tema yang berbeda-beda.
Diawali dengan Webinar Seri 1, Fakultas Pertanian melaksanakan webinar dengan tema “Peningkatan Produksi Padi Pada Iklim Tropika Basah Untuk Mendukung Ketahanan Pangan”, Kamis 25 Juni 2020 tepatnya pada pukul 09.00 – 12.00 WITA. Acara mulai di awali dengan MC Webinar Seri 1 kali ini oleh Bapak Agung Enggal Nugroho, SP., MP., kemudian sambutan dari Ketua Panitia yaitu Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, SP., M.Si dan dibuka Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Bapak Prof. Dr. Ir. Rusdiansyah, M.Si. , ”Alhamdulillah puji syukur di pagi hari ini kita dapat melaksanakan webinar ini, kita balik ke waktu belakang ternyata di balik pandemic covid-19 ini dapat memberikan kita hikmah dan manfaat yang tadinya kita jika mau ikut seminar kita harus menyiapkan dana dan lain-lain namun disaat seperti ini melalui daring kita bisa dapat melaksanakan seminar, bertemu dan saling sapa, mudah-mudahan kita semua dapat mengikuti semua seri webinar ini sampai akhir” ucap sambutan pembukaan Bapak Rusdiansyah.

Kemudian selanjutnya masuk ke acara inti, acara ini beralih dari MC ke Moderator yang membawakan acara yaitu Bapak Dr. Ir. Sadaruddin, MP. , di kesempatan pada webinar kali ini terdapat 3 speaker yang menyampaikan materinya diantaranya materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. I Gusti Ngurah Santosa, MS (Guru Besar Faperta Univ. Udayana Bali) dengan tema “Problematika Peningkatan Produksi Padi di Indonesia Untuk Menunjang Ketahanan Pangan”. Setelah itu masuk ke narasumber kedua yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. Rusdiansyah, M.Si. (Dekan Fakultas Pertanian Univ. Mulawarman, Guru Besar Faperta Univ. Mulawarman) dengan tema “Peningkatan Produksi Padi Sawah Pada Iklim Tropika Basah di Kaltim” dan sesi terakhir disampaikan oleh Dr. Muhammad Amin (BPTP Provinsi Kalimantan Timur). (Silakan Download Materi disini)

Acara ini dihadiri oleh para peserta dari berbagai kalangan dari beberapa daerah di Kaltim maupun luar daerah yang disaat sebelum acara sudah melakukan registrasi secara online terlebih dahulu. Para peserta cukup antusias dalam sesi diskusi melalu fitur chat mengenai materi yang sudah disampaikan oleh para speaker.
Setelah berakhirnya waktu diskusi, tibalah di penghujung acara yang ditutup dengan pemberian sertifikat pengahargaan dari panitia kepada para speaker serta peserta yang dimana sebelumnya pada menjelang akhir acara para partisipan di minta untuk mengisi form registrasi untuk data yang akan di tuliskan di sertifikat online, tentunya juga tida lupa sebelumnya dilakukan foto bersama via daring/online.