Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman kembali mengadakan Seminar Berkala yang diadakan secara rutin setiap 2 bulannya. Acara ini dilaksankan pada hari Rabu (26/2/2020) di Gedung Rachmad Hernadi Lt.2 Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Seminar Berkala periode Februari 2020 ini menghadirkan Bapak Dr. Ir. Suria Darma Idris, MP. dan Ibu Ir. Hj. Yetti Elidar, MP. yang didaulat sebagai Narasumber serta Bapak Ir. Syakhril., M.Si  sebagai Moderator pada seminar kali ini. Acara resmi ini di ketuai oleh Bapak Dr. Ir. Surya Sila, M.P. dan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, SP., M.Si pada pukul 09.00 WITA. Dalam sambutannya beliau memberikan semangat kepada para dosen untuk melakukan penelitian dan seminar, pihak fakultas juga akan membantu dan mendukung dalam berbagai upaya untuk kegiatan ini. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Dr. Ir. Suria Darma Idris, MP. menyampaikan hasil penelitian beliau yang bertema “Inventarisasi dan Investigasi Kandungan C Organik, N, P, K dan C/N Ratio Pada Tumbuhan, Limbah Ternak Untuk Bahan Pupuk Organik”. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inventarisasi dan investigasi kandungan C organic, N, P, K dan C/N rasio pada tumbuhan, limbah pertanian dan limbah ternak in situ lahan pertanian, selain itu juga tujuaan lainnya ialah membuat buku tentang kandungan C organic, N, P, K dan C/N ratio pada tumbuhan, limbah pertanian dan limbah ternak in situ lahan pertanian.
Sedangkan Ir. Hj. Yetti Elidar, MP. menyampaikan hasil penelitian beliau yang bertema “Karakteristik Argonomis Tanaman Aren Genjah (Arenga pinnat) dan kakako (Theobroma cacao L) sebagai Tanaman Sela Melalui Pemupukan Pada Penanaman Sistem Jalur”. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh pemberian pupuk SP-36 dan pupuk kotoran kambing terhadap karakteristik agronomis tanaman aren genjah dan hasil tanaman kakao pada penanaman sistem jalur, mengetahui intensitas serangan hama dan penyakit pada penanaman system jalur serta mengetahui kandungan sifat kimia tanah dan keragaman mikroorganisme tanah.
Acara ini dihadiri oleh para dosen di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Para dosen cukup antusias dalam sesi diskusi mengenai penelitian yang dilaksanakan oleh para narasumber, berbagai pertanyaan diberikan untuk hasil kelanjutan penelitian yang lebih baik lagi.
Acara ditutup dengan pemberian sertifikat pengahargaan kepada narasumber dan moderator yang diberikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, SP., M.Si.