Tuntas sudah Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman melaksanakan Yudisium gelombang terakhir di tahun 2021 ini setelah dilaksanakannya kegiatan Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Yudisium Sarjana & Pasca Sarjana Gelombang Ke IV Periode Desember Tahun 2021 tepat pada hari Jum’at (12/10/2021) pada pukul 08.00 WITA, di tempat masing-masing dan disiarkan secara langsung di channel youtube FAPERTA UNMUL TV.
Memasuki periode keempat dalam setahun, lebih sudah dari 1 tahun ini dengan semakin menurunnya angka wabah Covid-19 yang telah masuk ke Indonesia dan terus semakin berkurangnya tiap waktunya di berbagai daerah khususnya Kota Samarinda yang membuat banyak kegiatan formal/informal yang dilakukan tentunya masih harus tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan dialihkan via daring (online) dengan berbagai cara tentunya. Salah satu langkah daring tersebut tentu harus diambil untuk mengurangi resiko tersebarnya virus covid-19 yang semakin mengalami perkembangan positif tiap waktunya meskipun vaksin covid-19 masih terus banyak dilakukan, langkah tersebut itupun juga di pilih oleh Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Yudisium ini merupakan prosesi formal untuk mengumumkan secara resmi kelulusan bagi mahasiswa dalam menempuh ujian akhir pendidikan tinggi baik pada Program Sarjana maupun Pasca Sarjana. Pada periode yudisium Desember ini jumlah mahasiswa/i yang dinyatakan berhasil menyelesaikan pendidikannya sebanyak 31 orang, yang terdiri dari 31 orang dari Program Sarjana.
Berikut rincian jumlah mahasiswa/i yang lulus dari setiap program studi di periode Desember tahun 2021.

No Jurusan/ Program Studi Jenis Kelamin Jumlah Lulusan
L P
1 Pertanian Tropika Basah 0
2 Agroekoteknologi 7 5 12
3 Agribisnis 1 4 5
4 Teknologi Hasil Pertanian  3 5 8
5 Peternakan  3 3 6
Jumlah  14 17 31

Dari data kelulusan, 31 orang mahasiswa/i Lulusan Program Sarjana dan Pasca Sarjana yang di Yudisium pada Periode Desember ini, dilihat dari perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekitar 87,10% memperoleh IPK ≥ 3,00; 12,90% memperoleh IPK 2,50-2,99; dan 0,00% memperoleh IPK 2,00-2,49.
Berdasarkan masa studi, 0 orang (0,00%) menyelesaikan masa studinya dalam waktu < 4 tahun; 17 orang (54,84%) menyelesaikan masa studinya dalam waktu >4-5 tahun; 6 orang (19,35%) menyelesaikan masa studi dalam waktu >5-6 tahun; dan 8 orang (25,81%) menyelesaikan masa studinya dalam waktu >6-7 tahun. Berdasarkan jenis kelamin, 31 orang yudisiawan/yudisiawati terdiri atas 14 orang (45,00%) laki-laki dan 17 orang (55,00%) perempuan.
Lulusan terbaik Pertama pada masing-masing Jurusan/Program Studi dengan IPK Tertinggi, Masa Studi Tercepat dan dengan Predikatnya yang dicapai adalah sebagai berikut :

  1. Jurusan Agroekoteknologi, IPK 3,79, masa studi 4 tahun 3 bulan, dengan predikat Sangat Memuaskan atas nama Nurul Kurniasih, di bawah bimbingan Ibu Roro Kesumaningwati, SP., M.Sc. dan Ibu Ir. Patmawati, M.Sc.
  2. Jurusan Agribisnis, IPK 3,84, masa studi 4 tahun 4 bulan, dengan predikat Sangat Memuaskan atas nama Jefrianus Layuk Padaunan di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Ndan Imang  dan Bapak Dr. H. Achmad Zaini, SP., M.Si.
  3. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, IPK 3,67, masa studi 5 tahun 4 bulan, dengan predikat Sangat Memuaskan atas nama Gisti Malinda Lestari di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Ir. Krishna Purnawan Candra, MS. dan Bapak Sulistyo Prabowo, S.TP., MP., MPH., Ph.D.
  4. Jurusan Peternakan, IPK 3,61, masa studi 4 tahun 2 bulan, dengan predikat Sangat Memuaskan atas nama Annisa Yunita di bawah bimbingan Bapak Surya Nur Rahmatullah S.Pt., M.Si.  dan Ibu Ir. Julinda Romauli Manulang, MP.

Atas nama Fakultas dan Segenap Civitas Akademika Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman mengucapkan Selamat Atas Kelulusan Dan Prestasi Akademik Yang Telah Dicapai Yudisiawan Dan Yudisiawati Peserta Yudisium Online Periode Desember ini. Semoga ilmu yang saudara miliki bisa dijadikan amal ibadah dan menjadi pribadi yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Selengkapnya dapat dilihat kembali di Channel Youtube
FAPERTA UNMUL TV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here