KOLABORASI
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Padjajaran, Universitas Mulawarman dan Universitas Kutai Kartanegara
Semakin mendekati akhir tahun 2021, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman tetap menjalankan berbagai program-program kerjasama yang tetap harus dikerjakan untuk memenuhi tugas kewajibannya ditengah kondisi wabah virus Covid-19 di Indonesia terkhususnya di Kota Samarinda Kalimantan Timur yang trendnya semakin membaik dari kondisi sebelumnya. Tepat pada hari Selasa (7/12/2021) pada pukul 09.00 WITA, bertempat di Gedung Rachmat Hernadi (Gedung Bundar), Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman mendapatkan kunjungan dari Tim Peneliti Universitas Padjajaran – Jatinangor, PT Bramasta Sakti, dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur. 
Di kesempatan kali ini Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Rusdiansyah, M.Si. beserta Wakil Dekan Bidang Akademik Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, SP., M.Si. dan Semua Ketua Jurusan di Fakultas Pertanian menerima kunjungan dalam rangka melaksanakan “Diskusi Kerjasama Universitas Mulawarman [Pemanfaatan Lahan Pasca Tambang untuk Pertanian, Peternakan dan Perikanan untuk mewujudkan Food Estate di Kalimantan Timur]“. 
Kegiatan di awali sambutan dari Ketua Jurusan Peternakan, Bapak Suhardi, S.Pt., M.P., Ph.D.,yang mengawali acara diskusi tersebut kemudian dilanjutkan oleh Bapak Dr. Ir. H. Ibrahim, MPyang kali ini akan berperan sebagai moderator dalam memandu jalannya acara diskusi membahas tema yang diangkat di kegiatan kali ini. Sebelum memulai narasumber memaparkan materi, kegiatan dibuka dalam sambutan yang disampaikan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Rusdiansyah, M.Si. disini beliau menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada narasumber yang hadir pada pagi hari itu dalam kesempatan kerjasama dan berdiskusi dalam hal berkolaborasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) antara Universitas Padjajaran, Universitas Mulawarman dan Universitas Kutai Kartanegara.
Pemaparan materi pertama yang disampaikan pada acara ini yaitu Bapak Dr. Ir. Rochadi Tawaf, MS., yang merupakan Pakar Sosial Ekonomi dari Universitas Padjadjaran Bandung, beliau dikenal sangat peduli dengan nasib peternak, disini bapak  menjelaskan materinya seputar “Pemanfaatan Lahan Pasca Tambang untuk Pertanian, Peternakan, dan Perikanan untuk mewujudkan Food Estate di Kalimantan Timur”. Setelah beliau selesai menyampaikan materinya, dilanjutkan kembali dengan materi yang sama oleh Bapak Deni Mulawarman, beliau merupakan penanggung jawab PT Bramasta Sakti.
Dilanjutkan pemaparan materi kedua dari Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Bapak H. Munawar, ST., M.Si., beliau dikesempatan ini menyampaikan paparan materinya tentang “Pandangan dan Agenda Program Terkait Food Estate oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur.”
Di penghujung setelah pemaparan materi selesai, kegiatan ini semakin menarik yang mana peserta cukup antusias dalam sesi diskusi tanya jawab yang dihadiri civitas akademika Fakultas Pertanian dan Tim Peneliti Universitas Padjajaran – Jatinangor, PT Bramasta Sakti, serta Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here