Validasi dan Penetapan Uang Kuliah Tunggal untuk Mahasiswa Baru Tahun Ajar 2017/2018 yang dilakukan dari tanggal 10 Juli 2017 hingga 28 Juli 2018.  Validasi ini bertujuan untuk memverifikasi data mahasiswa baru faperta unmul dan menetapkan UKT atau Uang Kuliah Tunggal pada masing-masing mahasiswa. Namun banyak tidak mengerti sistem UKT yang diterapkan Universitas Mulawaran yang dimulai dari tahun 2013. Maka diadakan pertemuan dengan Orang Tua Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa Faperta Unmul.

Pertemuan dengan orang tua mahasiswa baru angkatan 2017 dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dilaksanakan pada hari Kamis 20 Juli 2017 di Gedung Bundar Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman pukul 09-00-13.00 wita dengan agenda acara : pemaparan visi misi fakultas dan pemaparan peraturan akademik fakultas, dan penjelasan tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang disampaikan oleh Wakil Dekan II Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Melalui pertemuan ini diharapkan para orangtua mendapatkan informasi yang lengkap tentang peraturan akademik Fakultas Pertanian berikut visi misinya serta memperoleh informasi yang tepat tentang UKT yang dikenakan kepada mahasiswa baru. Dengan mendapatkan informasi yang tepat maka proses belajar mengajar dan pencapaian visi misi Fakultas diharapkan dapat berjalan dengan baik dengan dukungan penuh dari orangtua.