Home Berita Seminar Internasional ICTAFF(International Conference on Tropical Agrifood, Feed and Fuel) 2018

Seminar Internasional ICTAFF(International Conference on Tropical Agrifood, Feed and Fuel) 2018

19

Fakultas Pertanian turut berperan serta dalam memecahkan masalah pangan di Kalimantan Timur, hal ini ditunjukkan dengan kesungguhan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian dalam menyelenggarakan Seminar Internasional pada hari Selasa dan Rabu 13 – 14 November 2018 yang berlangsung di Hotel Mesra dan dihadiri oleh negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, Cina dan juga Perguruan Tinggi dalam Negeri serta Instansi terkait. Seminar Internasional ICTAFF (International Conference on Tropical Agrifood, Feed and Fuel) dengan tema “Sustainability of Tropical Agrifood, Feed and Fuel Tropical Resources for Quality Future” menghadirkan 6 Keynote Speaker yakni:

  1. Prof. Dr. Somsak Maneepong dari Walailak University, Thailand,
  2. Xuming Huang, Ph. D. dari South China Agricultural University,
  3. Dr. Irwandi Jaswir dari Internasional Islamic University Malaysia,
  4. Ir. Ali Agus , DAA, DEA. dari Universitas Gadjah Mada
  5. Dadan Rochdiana dari Research Institute for Tea and Cinchona (RITC) Indonesia
  6. Widi Sunaryo , SP., M.Si., Ph. D. dari Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman

Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. H. Rusdiansyah, M.Si., menyampaikan bahwa ini adalah kegiatan rutin yang akan diselenggarakan tiap tahunnya. ”Setelah sebelumnya seminar nasional oleh Jurusan Agribisnis, kali ini seminar internasional oleh Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, dan berikutnya nanti di bulan april tahun depan adalah Jurusan Agroekoteknologi. Jadi, ini adalah bentuk nyata dan sumbangsi dari Fakultas Pertanian dalam usahanya untuk menghasilkan suatu program dan kebijakan untuk perbaikan ketahanan pangan kedepannya di Benua Etam, mengingat jumlah pangan di Kaltim Khususnya beras masi sangat devisit” tutur Dekan saat membuka Seminar Internasional kali ini.

Acara dilanjutkan dengan Kelas Paralel berdasarkan bidang kajian. Yakni, Agribisnis, Agroekoteknologi, Peternakan, dan Teknologi Hasil Pertanian. Dan Pemenang berdasarkan bidang kajian adalah sebagai berikut :

  1. Tri Uji Lestari dari Universitas Gadjah Mada (Peternakan)
  2. Adisyahputra dari Universitas Negeri Jakarta (Agroekoteknologi)
  3. Miftakhur Rohmah dari Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Teknologi Hasil Pertanian)
  4. Dina Lesmana dari Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Agribisnis)

Penyaji Poster Terbaik :

  1. The Calories and Glycaemic Index of Bubur Pedas, Traditional Food of West Kalimantan, Indonesia. Oleh Oke Anandika dan Sulvi Purwayantie dari Universitas Tanjungpura
  2. Effect of Extraction Time On Pectin Characteristic Derived From Kapas Banana (Musa Sp.) Peels. Oleh Yuliani Diah Sri Lestari dan Anton Rahmadi Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
  3. Anti Bacterial Activity of Red Betel Leaf (Piper Crocatum) Vitro And In Vivo Of Broiler Chicken. Oleh Julinda R Manullang dan Harlinda Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Di hari kedua acara dilanjutkan dengan Mahakam River Tour yang merupakan perjalanan wisata melewati jalur Sungai Mahakam dengan rute Pelabuhan Sungai Kunjang, menuju ke daerah Kesultanan Kutai Kartanegara, Tenggarong dan Pulau Kumala, menggunakan Kapal Wisata Pesut Etam.