Home Berita Seminar Berkala Periode Oktober 2019

Seminar Berkala Periode Oktober 2019

225

Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman kembali mengadakan Seminar Berkala yang diadakan secara rutin setiap bulannya. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin (21/10/2019) di Gedung Rachmad Hernadi Faperta Unmul.

Seminar Berkala periode Oktober 2019 ini menghadirkan Dr. Ir. Surya Sila, MP. dan Ari Wibowo, S.Pt., M.Si., Ph.D yang didaulat sebagai Pembicara pada seminar kali ini. Acara resmi dibuka oleh Ketua Program Magister Tropika Basah Bapak Dr. Ir. Sadaruddin. MP yang juga merupakan Ketua Panitia Seminar Berkala Periode Oktober 2019. Dalam sambutannya beliau berharap seminar berkala ini dapat menjadi wadah bagi seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman terutama dosen agar dapat bersama-sama mengkaji segala bentuk penelitian untuk dijadikan dasar pengembangan didunia pertanian.

Dr. Ir. Surya Sila, MP. menyampaikan hasil penelitian Disertasi beliau yang berjudul “Karakteristik Biologi dan Molekuler Penyebab Penyakit Kerdil Pisang di Kabupaten Kutai Kartanegara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran dan insidensi penyakit kerdil di Kabupaten Kutai Kartanegara serta mengkaji penyebab penyakit kerdil pisang. Sedangkan Ari Wibowo, S.Pt., M.Si., Ph.D menyampaikan hasil penelitian Disertasi beliau yang berjudul “Oxidative Stability And Discolouration of Longissimus Lumborum From Thai Native Cattle During Storage”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan daging selama dilakukan penyimbanan.

Seminar kali ini memiliki suasana yang berbeda karena Bapak Ari Wibowo, S.Pt., M.Si., Ph.D menyampaikan materi dengan menggunaka bahasa Inggris. Sesi diskusi semakin menarik karena para peserta pun mengajukan pertanyaan dengan menggunakan bahasa Inggris. Para peserta pun terlihat antusias dalam sesi diskusi seminar berkala ini.