Home Academik Silaturahmi dan Halal Bihalal Keluarga Besar Fakultas Pertanian

Silaturahmi dan Halal Bihalal Keluarga Besar Fakultas Pertanian

121

Pesan – Pesan Moral di Masa Wabah Covid-19

Di balik pandemi Covid-19 membuat keadaan yang normal seperti biasanya harus terhalang karena kepentingan protokol kesehatan, membuat kegiatan dari berbagai pihak untuk saling berkumpul dan bertemu dalam waktu dan tempat yang sama pun harus ditunda. Salah satunya yang terdampak yaitu fakultas di Universitas Mulawarman, Fakultas Pertanian, mau tidak mau harus mematuhi peraturan tersebut, namun dibalik rintangan tersebut tidak membuat civitas akademika berserah diri menerima keadaan tersebut.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan tiap tahunnya oleh Fakultas Pertanian setelah lebaran hari raya idul fitri adalah Silaturahmi dan Halal Bihalal. Meskipun di tahun ini dengan kondisi yang berbeda, civitas akademika Fakultas Pertanian masih dapat melaksanakan kegiatan tersebut secara komunikasi daring/online. Selasa siang, 2 Juni 2020, tepatnya pada pukul 13.00-14.00 WITA, melalui media aplikasi zoom video communication, acara dipandu dengan teratur oleh Wakil Dekan 2, ibu Nurul Puspita Palupi, S.P.,M.Si yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Muhammad Hussein.
Kemudian setelah itu acara pun dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Rusdiansyah, M.Si, beliau pun menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada narasumber acara dan para pimpinan pejabat fakultas/unit/struktural, seluruh staf pengajar serta tenaga kependidikan yang hadir diacara online siang itu, tidak lupa juga beliau menyampaikan hikmah-hikmah covid-19 yang melanda kita disaat kondisi seperti ini.
Acara pun dilanjutkan dengan ceramah singkat yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Syakur LC, MA yang pada kesempatan itu menyampaikan pesan – pesan moral covid-19 yang meliputi dampak covid-19, pentingnya halal bihalal di indonesia, sikap kita untuk tetap kokohkan aqidah, bersatu padu dan tolong menolong, maksimalkan ikhtiyar dan kinerja, biasakan telaah dan kaji serta ambil hikmah dan pelajaran dalam keadaan seperti ini.
Acara silaturahmi dan halal bihalal ini pun semakin menarik dengan sesi tanya jawab pada siang itu, para staf pengajar dan tendik cukup antusias dalam sesi diskusi mengenai kajian yang sudah disampaikan saat itu.
Di akhir penutup acara, para pimpinan pejabat fakultas/unit/struktural, staf pengajar dan tenaga kependidikan pun saling sapa mengucapkan mohon maaf lahir dan batin serta berharap keadaan lebih baik lagi untuk beraktivitas di kampus seperti biasanya dapat dilaksanakan kembali.