Menyambut Mahasiswa Baru Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Tahun Ajaran 2020/2021, Fakultas Pertanian bersama dengan ORMAWA di lingkungan fakultas sukses mengadakan kegiatan “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) : PAK TANI 2020”. Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari tepatnya pada hari Jum’at dan Sabtu (28-29/8/20) pada pukul 07.00-15.45 WITA di hari pertama dan 07.30-11.30 WITA di hari kedua. Ada yang berbeda dari kegiatan PKKMB Tahun 2020 ini dengan tahun sebelumnya yaitu pandemik virus covid-19 yang terjadi di Indonesia tahun ini menjadi suatu hambatan bagi mahasiswa/i baru untuk hadir bertatap muka langsung dikampus sehingga dilaksanakannya acara ini via Daring melalui platform Zoom Meeting dan Youtube Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

  • Hari Pertama PKKMB

Kegiatan PKKMB ini dihadiri oleh pejabat dan staf civitas lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Lebih dari 200 mahasiswa/i baru Fakultas Pertanian ini yang menghadiri acara tersebut.  Kegiatan diawali dengan dipandu oleh MC sekaligus membuka acara di pagi hari itu kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Faperta dan Hymne UNMUL. Sesi selanjutnya masuk dibagian sesi sambutan yang diawali dengan sambutan ketua panitia, Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, S.P., M.Si., beliau dengan bahagia menyambut para Faperta Muda Tahun Ajaran 2020/2021 dan memberikan pemaparan materi sekilas tentang sejarah fakultas, memperkenalkan seluruh jajaran pimpinan mulai dari memperkenalkan para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan/Program Studi, para Kepala Laboratorium dan Kepala Bagian Administrasi yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman serta instruksi untuk selalu menjaga kesehatan, setelah itu dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Pertanian, Bapak Prof. Dr. Ir. Rusdiansyah, M.Si., sekaligus secara simbolis melakukan penyematan almamater Universitas Mulawarman yang ditampilkan dalam bentuk video via daring. Di kesempatannya ini beliau juga tidak lupa memberikan sambutan dengan pembawaan yang santai, beliau menyapa para Faperta Muda tahun 2020 ini dan menyampaikan pesan kesan nasihatnya kepada mahasiswa/i baru Fakultas Pertanian, “Selamat datang di Fakultas Pertanian untuk mahasiswa/i baru semoga dalam kondisi sehat selalu meskipun demikian sampai saat ini belum bisa melihat bagaimana kondisi fakultasnya tapi seperti apa yang disampaikan pak bernatal, nanti kalian boleh melihat Fakultas Pertanian asal tidak rame-rame atau satu-satu itupun harus dengan izin dari pimpinan fakultas tapi mudah-mudahan mari kita sama-sama berdoa mudah-mudahan pandemi covid-19 ini bisa cepat berakhir sehingga kita bisa bertatap muka bisa bersilaturahim berinteraksi satu sama lain dengan teman nya antar jurusan.” ucap sambutan Dekan Fakultas Pertanian.

Dengan selesainya sesi sambutan ini, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penyampaian materi dari para Wakil Dekan mengenai sub bidang masing-masing. Kesempatan pertama diawali dengan penyampaian materi dari Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, S.P., M.Si, yang menyampaikan paparan materinya tentang Pengenalan Layanan Dan Kegiatan Akademik dan Pembentukan Moral Serta Karakter Ilmiah Mahasiswa, dilanjutkan pembahasan dari Wakil Dekan 2 Bidang Umum, SDM dan Keuangan, Ibu Nurul Puspita Palupi, S.P., M.Si, disini beliau menjelaskan Pengenalan Layanan Administrasi Keuangan Dan Prosedur Operasional Standar Validasi UKT Serta Terampil Bijak Dalam Berkomunikasi Melalui Media Sosial Pencegahan Tindak Radikalisme/Terorisme, dan yang terakhir penyampaian materi dari Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan yaitu Bapak Dr. H. Achmad Zaini, S.P.,M.Si, beliau sesuai bidangnya menyampaikan hal tentang Pengenalan Layanan Kemahasiswaan. Menjelang ishoma, para mahasiswa/i baru dialihkan ke bagian jurusan/prodinya masing-masing untuk mendapatkan bekal materi tentang pengenalan jurusan/prodi yang akan disampaikan oleh Kepala atau Sekretaris Jurusan.
Acara dilanjutkan setelah ishoma di hari Jumat siang itu dengan pemaparan materi dari berbagai ORMAWA di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman diantaranya yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faperta UNMUL, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Faperta UNMUL, Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) Faperta UNMUl, serta Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ada dilingkungan Faperta UNMUL. Di sesi ini dari berbagai ORMAWA mengenalkan lembaganya masing-masing serta menampilkan kegiatan yang telah dilaksanakan seiring waktu yang mana nantinya bisa diikuti oleh mahasiswa/i baru Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Acara dihari pertama PKKMB ditutup dengan pembekalan dari panitia untuk kegiatan PKKMB untuk dihari kedua (besoknya).

Kegiatan PKKMB Hari Pertama selengkapnya dapat disaksikan kembali di channel Youtube FAPERTA UNMUL TV

  • Hari Kedua PKKMB

Memasuki hari kedua pelaksanaan PPKMB Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Tahun 2020, kembali kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman via daring melalui zoom meeting. Sama dengan hari sebelumnya, acara dimulai dengan dibawakn oleh MC Saudari Cixtin Teram Hawa kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia acara PKKMB Tahun 2020 ini yaitu Saudari Syamsia Satra, disini ketua panitia menyampaikan pesan dan kesannya kepada mahasiswa/i baru yang sudah menyandang maha-siswa bukan seorang siswa lagi. Sambutan pun kembali dilanjutkan oleh gubernur BEM Fakultas Pertanian yaitu Saudara Abdul Muhammad Rachim yang menyampaikan orasi petuah dan nasihatnya kepada mahasiswa baru agar tidak mengsia-siakan kesempatan berkuliah di Universitas Mulawarman dan juga tidak melupakan fungsi mahasiswa sebagai mana mestinya. Acara pun dilanjutkan dengan tayangan video penghargaan mahasiswa berprestasi rentang beberapa waktu lalu dan pemaparan materi tentang pengenalan kompetisi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Sama dengan tahun sebelumnya, sesi bincang alumni kali ini juga dihadirkan pada kesempatan PKKMB tahun ini, acara dipandu oleh Moderator Saudara Fajardin Kartika yang menyampaikan CV dari narasumber kali ini yaitu Saudara Muhammad Padil, S.T.P, disini beliau selaku Direktur Utama / Founder Warung Ayam Serondeng Kampus yang meliputi bidang bisnis kuliner. Disini beliau banyak sekali menyampaikan pesan dan nasihatnya sebagai alumni yang pernah kuliah di Fakultas Pertanian serta berbagai pengalaman dan tips triknya sebagai mahasiswa dan tentunya menjadi seorang wirausahawan. Sesi semakin menarik yang mana banyak peserta mahasiswa/i baru yang antusias dan bertanya dengan narasumber kali ini dengan materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
Masuk sesi selanjutnya yaitu pembacaan ikrar pertanian oleh seluruh mahasiswa baru dengan penuh jiwa semangat dalam penyampaiannya. Selanjutnya dilanjutkan dengan pesan dan kesan dari mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan PKKMB tahun 2020 ini, apresiasi bangga dan terimakasih serta banyak mendapatkan pengalaman informasi kembali disampaikan dari perwakilan mahasiswa. Menjelang akhir acara terdapat sesi pemutaran video kreatif dari tiap kelompok mahasiswa/i baru yang mana nantinya setelah pemutaran video tersebut akan disampaikan pemenang yang mendapatkan penghargaan video terbaik dari pihak panitia.
Akhir acara pun ditutup oleh sambutan dari Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Bapak Dr. H. Achmad Zaini, S.P.,M.Si, di dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak panitia yang sudah sukses menyelenggarakan acara PKKMB Tahun 2020 ini walaupun dengan kondisi yang berbeda (via daring), tidak lupa juga beliau mengucapkan selamat kepada mahasiswa/i baru yang sudah resmi menjadi mahasiswa/i di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Kegiatan PKKMB Hari Kedua selengkapnya dapat disaksikan kembali di channel Youtube FAPERTA UNMUL TV