Masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya kota Samarinda, sama seperti ditahun sebelumnya dalam menyambut Mahasiswa Baru Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Tahun Ajaran 2021/2022, Fakultas Pertanian bersama dengan ORMAWA di lingkungan fakultas sukses mengadakan kegiatan “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) : PAK TANI 2021”. Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari tepatnya pada hari Sabtu dan Senin (14 & 16 Agustus 2021) pada pukul 08.00-16.00 WITA di hari pertama dan hari kedua. Masih terbayang di ingatan kita dari kegiatan PKKMB Tahun 2020 lalu, yang mana ditahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu pandemik virus covid-19 yang terjadi di Indonesia tahun ini menjadi suatu hambatan bagi mahasiswa/i baru untuk hadir bertatap muka langsung dikampus sehingga dilaksanakannya acara ini via Daring melalui platform Zoom Meeting dan Youtube Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

  • Hari Pertama PKKMB

Kegiatan PKKMB ini dihadiri oleh pejabat dan staf civitas lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Lebih dari 300 mahasiswa/i baru Fakultas Pertanian ini yang menghadiri acara tersebut.  Kegiatan diawali dengan dipandu oleh MC sekaligus membuka acara di pagi hari itu kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Faperta. Sesi selanjutnya masuk dibagian sesi sambutan yang diawali dengan sambutan Ketua Panitia, Ketua BEM Fakultas Pertanian,  Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, S.P., M.Si., beliau dengan bahagia menyambut para Faperta Muda Tahun Ajaran 2021/2022 dan memberikan pemaparan materi sekilas tentang sejarah fakultas, memperkenalkan seluruh jajaran pimpinan mulai dari memperkenalkan para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan/Program Studi, para Kepala Laboratorium dan Kepala Bagian Administrasi yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman serta instruksi untuk selalu menjaga kesehatan, setelah itu dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Pertanian, Bapak Prof. Dr. Ir. Rusdiansyah, M.Si., sekaligus secara resmi membuka acara pada hari itu. Di kesempatannya ini beliau juga tidak lupa memberikan sambutan dengan pembawaan yang santai, beliau menyapa para Faperta Muda tahun 2021 ini dan menyampaikan pesan kesan nasihatnya kepada mahasiswa/i baru Fakultas Pertanian, “Selamat datang di Fakultas Pertanian untuk mahasiswa/i baru semoga dalam kondisi sehat selalu meskipun demikian sampai saat ini belum bisa melihat bagaimana kondisi fakultasnya, beliau pun berharap dan berdoa mudah-mudahan pandemi covid-19 ini bisa cepat berakhir sehingga kita bisa bertatap muka bisa bersilaturahim berinteraksi satu sama lain dengan teman nya antar jurusan.” ucap sambutan Dekan Fakultas Pertanian.
Dengan selesainya sesi sambutan ini, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari para Wakil Dekan mengenai sub bidang masing-masing. Kesempatan pertama diawali dengan penyampaian materi dari Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, S.P., M.Si, yang menyampaikan paparan materinya tentang Pengenalan Layanan Dan Kegiatan Akademik dan Pembentukan Moral Serta Karakter Ilmiah Mahasiswa, dilanjutkan pembahasan dari Wakil Dekan 2 Bidang Umum, SDM dan Keuangan, Ibu Nurul Puspita Palupi, S.P., M.Si, disini beliau menjelaskan Pengenalan Layanan Administrasi Keuangan Dan Prosedur Operasional Standar Validasi UKT Serta Bela Negara, dan yang terakhir penyampaian materi dari Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan yaitu Bapak Dr. H. Achmad Zaini, S.P.,M.Si, beliau sesuai bidangnya menyampaikan hal tentang Pengenalan Layanan Kemahasiswaan.

Menjelang ishoma, para mahasiswa/i baru dialihkan ke bagian jurusan/prodinya masing-masing untuk mendapatkan bekal materi tentang pengenalan jurusan/prodi yang akan disampaikan oleh Kepala atau Sekretaris Jurusan.
Acara dilanjutkan setelah ishoma di hari Sabtu siang itu dengan pemaparan materi dari Bapak Sulistyo Prabowo, S.TP.,MP, M.PH.,Ph.D dengan materi yang disampaikan yaitu Materi Tips Dan Trik Mencari Beasiswa. Mahasiswa baru pun sangat antusias di sesi ini dalam bertanya dan diskusi dengan narasumber. Acara dihari pertama PKKMB ditutup dengan pembekalan dari panitia untuk kegiatan PKKMB untuk dihari kedua (besoknya).
Kegiatan PKKMB Hari Pertama selengkapnya dapat disaksikan kembali di channel Youtube FAPERTA UNMUL TV

  • Hari Kedua PKKMB

Memasuki hari kedua pelaksanaan PPKMB Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Tahun 2021, kembali kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman via daring melalui zoom meeting. Sama dengan hari sebelumnya, acara dimulai dengan dibawakn oleh MC (Master of Ceremony) kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking yang dipimpinan dari pihak panitia. Selanjutnya masuk ke sesi penyampaian materi yang di hari kedua ini di sampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Suria Darma Idris, M.Si, disini beliau menjelaskan materinya seputar Materi Etika Publik yang sangat penting untuk membentuk karakter yang beretika dalam dunia perkuliahan. Setelah selesai dengan penyampaian materi dari beliau, sebelum memasuki waktu ishoma masuklah ke sesi Focuss Group Discusion (FGD) yang kali ini juga dipimpin moderator dari pihak panitia.
Berlanjut setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari berbagai ORMAWA di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman diantaranya yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faperta UNMUL, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Faperta UNMUL, Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) Faperta UNMUl, serta Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ada dilingkungan Faperta UNMUL. Di sesi ini dari berbagai ORMAWA mengenalkan lembaganya masing-masing serta menampilkan kegiatan yang telah dilaksanakan seiring waktu yang mana nantinya bisa diikuti oleh mahasiswa/i baru Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Acara dihari kedua PKKMB pun ditutup dengan sesi acara Sang Bintang+Sayonara yaitu pengumuman dari nominasi-nominasi yang telah disusun dan dipilih panitia selama kegiatan PKKMB berlangsung.

Akhir acara pun ditutup oleh sambutan dari Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, S.P., M.Si, di dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak panitia yang sudah sukses menyelenggarakan acara PKKMB Tahun 2021 ini walaupun dengan kondisi yang berbeda (via daring), tidak lupa juga beliau mengucapkan selamat kepada mahasiswa/i baru yang sudah resmi menjadi mahasiswa/i di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Kegiatan PKKMB Hari Kedua selengkapnya dapat disaksikan kembali di channel Youtube FAPERTA UNMUL TV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here