Melanjutkan webinar sebelumnya, Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman tetap konsisten mengadakan webinar seri ke empatnya yang kali ini masih rutin dilaksanakan tiap minggunya. Webinar yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20/3/2021 tepat pada pukul 09.00 WITA ini dilaksanakan secara daring via ZOOM Meeting dikarenakan seperti yang kita ketahui masih mewabahnya kondisi virus covid-19 yang melanda Indonesia khususnya di Kota Samarinda sampai saat ini sehingga memaksa tidak bisanya dilaksanakan seminar dengan tatap muka langsung antar pemateri dan peserta. Momen kali ini Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian mengangkat materi pembahasan dengan tema “Potensi dan Pemanfaatan Agensia Hayati Untuk Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman”. Kegiatan ini diawali oleh Saudari Devi Tantiani, S.P. sebagai Pembawa Acara (MC) pada kegiatan pagi hari itu. Kemudian dilanjutkan dari Ketua Prodi Agroekoteknologi yaitu Bapak Dr. Ir. H. A. Syamad Ramayana, MP. yang menyampaikan sambutannya dalam kegiatan webinar sekaligus mengenalkan pengisi acara webinar ini dan menjelaskan sedikit isi tema yang dibawakan pada webinar pada pagi hari ini.
Webinar kali ini pun dihadiri dan dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. H. Rusdiansyah, M.Si. beliau menyapa semua partisipan dan menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada semua peserta yang hadir dan terlibat dari seluruh indonesia kemudian di lain hal tentunya juga beliau menjelaskan dalam sambutannya bahwasanya perkembangan pertanian begitu pesat sehingga dibutuhkan inovasi untuk meningkatkan produktivitas tanaman kita, banyak petani kita merasa kesulitan dalam mendapatkan pestisida padahal sangat banyak agensia hayati potensial yang bisa kita kembangkan untuk pengendalian hama dan penyakit, hanya saja masih banyak informasi yang belum tersampaikan dan belum diterapkan oleh petani. Mudah-mudahan dari webinar kali ini bisa menjadi wadah kepada peserta untuk menyebarluaskan informasi yang bermanfaat dari narasumber yang menyampaikan materinya hari ini.

Di sesi berikutnya masuk di bagian inti acara yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh Moderator Webinar Seri 4 ini yaitu Bapak Kadis Mujiono, S.P., M.Sc. Ph.D (Dosen Fakultas Pertanian) yang pada webinar ini menyampaikan profil biodata diri dari ketiga narasumber yang hadir di acara webinar tersebut. Webinar kali ini untuk bagian sesi narasumber Jurusan Agroekoteknologi menghadirkan narasumber dari Fakultas Pertanian yang sangat ahli dibidangnya masing-masing sesuai dengan tema webinar kali ini. Di sesi penyampaian materi pertama narasumber yang menyampaikan materinya yaitu Ibu Ir. Hj. Sopialena, MP., Ph.D., beliau merupakan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman yang dikesempatan ini menjelaskan materinya tentang Keunggulan Jamur Endofit Mengendalikan Organisma Pengganggu Tumbuhan, kemudian dilanjutkan sesi kedua dari narasumber yang masih sama profilnya berasal dari Dosen Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, yaitu Dr. Ir. Hj. Ni’matuljannah A, M.P. melanjutkan pembahasan materi dari narasumber sebelumnya beliau juga menyampaikan materi seputar Potensi Jamur Entomopatogen di Kalimantan Timur. Yang terakhir dilanjutkan dari pemateri ketiga yaitu Bapak Dr. Abdul Sahid, S.P., M.P. profil beliau juga sama dengan kedua narasumber sebelumnya merupakan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, disini beliau menjelaskan materi tentang penelitian nya yang sudah dilakukan sebelumnya tentang Isolasi Cendawan Entomopatogen Indigenous Tropis Lembab Dari Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Potensinya Sebagai Agen Pengendali Hayati.  
Silakan Download Materi disini
Setelah penyampaian materi selesai seperti umum biasanya dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sangat menarik dimana partisipan sangat ingin mendapatkan ilmu dan pengalamannya dari jawaban para narasumber yang sesuai ahli bidangnya dari tema hari ini khususnya dari peserta umum, berbagai kalangan komunitas dan dinas serta tentunya mahasiswa/i lainnya yang cukup antusias dari berbagai daerah di Indonesia dalam bertanya via interaksi langsung komunikasi lewat kolom chat zoom seputar pembahasan materi yang diangkat di webinar kali ini. Masuk ke penghujung acara yaitu sesi pemberikan sertifikat kepada pemateri yang bersedia hadir dan menyampaikan materinya dengan luar biasa pada hari ini dan foto bersama antara narasumber dan peserta yang hadir pada saat acara webinar tersebut.

 

Selengkapnya dapat dilihat kembali di Channel Youtube AGROEKOTEK UNMUL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here