Home Agenda Fakultas Pertanian UNMUL Terima Kunjungan LEMHANNAS RI

Fakultas Pertanian UNMUL Terima Kunjungan LEMHANNAS RI

110

“Pengelolaan Sawit Secara Berkelanjutan”

Salah satu kampus Universitas Mulawarman, Fakultas Pertanian, mendapatkan suatu kehormatan pada kesempatan kali ini karena dapat menerima kunjungan dari Lembaga Ketahanan Nasional RI (LEMHANNAS). Di kesempatan kali ini Wakil Dekan Bidang Akademik Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, SP., M.Si. menerima kunjungan Tim LEMHANNAS RI yang dipimpin oleh Bapak Prof. Dr. Dadan Umar Daihani, D.E.A., (Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam dan Tannas Lemhannas RI) serta dengan Tim 7 orang dalam melaksanakan program Focus Group Discussion kajian jangka panjang yang berjudul “Revitalisasi Kebijakan Pengelolaan Sawit Secara Berkelanjutan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat dalam rangka Ketahanan Nasional“, Kamis (12/3).
Pada kunjungan yang dilangsungkan di Gedung C6 (Ruang Sidang 2) Lt.2, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Wakil Dekan 1 Fakultas Pertanian menjelaskan mengenai narasumber yang akan menjelaskan isi materi pada grup diskusi tersebut yang tidak lain adalah dosen – dosen yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian diantaranya yaitu Bapak Dr. Ir. Surya Darma, M.Si., Bapak Dr. Ir. Suria Darma Idris, M.Si., dan Bapak Raden Mas Nurharmanto, S.P., M.Si., serta di dampingi dengan dosen-dosen lainnya.
“Kami ucapkan terimakasih dan selamat datang kepada tim Lemhannas atas kesempatan dan dipilihnya Fakultas Pertanian untuk menjadi salah satu tempat FGD, mudah-mudahan kami bisa memberikan sharing yang baik dari pengalaman teman-teman dalam menyampaikan yang nantinya bisa diperoleh untuk pihak terkait khususnya tentang kelapa sawit tentunya ” tegasnya.

Menanggapi sambutan wakil dekan bidang akademik, Bapak Prof. Dr. Dadan Umar Daihani, D.E.A., yang mewakili Wakil Gubernur Lemhannas menuturkan bahwa kedatangannya bersama jajaran tim ini merupakan pemenuhan fungsi dari Lemhannas. Salah satu fungsi yang diterapkan di kesempatan kali ini yaitu fungsi pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis nasional, regional dan internasional.

“Terimakasih kepada UNMUL khususnya semua jajaran beserta dosen-dosen Fakultas Pertanian yang bisa melibatkan kami untuk melaksanakan diskusi dalam kajian siang ini. Kedatangan kami kesini memiliki 3 tugas utama nasional, yang pertama menyiapkan kader-kader pimpinan nasional, yang kedua melakukan kajian strategis dan yang ketiga adalah pemantapan nilai-nilai, nah hari ini kami melaksanakan tugas yang kedua yaitu melakukan kajian strategis” paparnya.
Selanjutnya juga tim Lemhannas di diskusi kali ini langsung membawa moderator yang dipimpin oleh Brigjen TNI Ramses L.Tobing, S.T. yang mana nantinya akan mengawal dan mengawasi waktu jalannya diskusi agar berjalan sesuai dengan topik pembahasan tentang kelapa sawit.
Di kesempatan selanjutnya, Bapak Prof. Dr. Dadan Umar Daihani, D.E.A., mengawali pembahasan diskusi dengan pokok-pokok kajian dan kemana arah kajian akan dilaksanakannya. Setelah itu moderator juga mempersilakan kepada ketiga narasumber untuk memaparkan materi yang akan di diskusikan nantinya.

Materi pertama yang disampaikan yaitu dari Bapak Dr. Ir. Surya Darma, M.Si. yang menjelaskan tentang perkebunan kelapa sawit dan pengaruhnya terhadap penduduk sekitar & lingkungannya yang juga meliputi tentang praktisi pelaku usahanya. Kemudian dilanjutkan dengan materi dari narasumber kedua yaitu dari Bapak Dr. Ir. Suria Darma Idris, M.Si. yang menyampaikan masukan dan solusi yang diberikan untuk tim Lemhannas. Terakhir untuk narasumber ketiga, Bapak Raden Mas Hartanto, S.P., M.Si. menyampaikan kesimpulan dari materi-materi yang sudah disampaikan sebelumnya mengenai produktivitas kelapa sawit pada berbagai pengelolaan.

Acara diskusi ini pun semakin menarik dengan sesi tanya jawab di ruang sidang 2 pada siang itu, peserta cukup antusias dalam sesi diskusi mengenai kajian kelapa sawit ini yang menjadi fokus pembahasan pada kesempatan itu, berbagai pertanyaan diberikan untuk kelanjutan kajian yang lebih baik lagi.
Di penghujung diskusi yang dihadiri civitas akademika Fakultas Pertanian, Tim Lemhannas, Perwakilan Fakultas Hukum, Perwakilan Fakultas Kehutanan dan pihak terkait tersebut, acara ditutup dengan pemberian plakat dan sertifikat pengahargaan kepada kedua belah pihak, dari Tim Lemhannas diwakili oleh Bapak Prof. Dadan Umar Daihani, D.E.A., sedangkan dari Fakultas Pertanian UNMUL diberikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Bapak Prof. Dr. Bernatal Saragih, SP., M.Si.