Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman mengadakan Pelatihan kepada para Kepala Laboratorium & Laboran dalam kegiatan “Bimbingan Teknis Laboratorium Menuju Sistem Manajemen Mutu Berbasis SNI ISO/IEC 17025:2017“. Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari ini melibatkan para Kepala Laboratorium dan Laboran dilingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman yang nantinya akan tergabung dalam Laboratorium Pertanian Terpadu.

Bimbingan Teknis ini dilaksanakan selama 2 hari, yang dimulai dari Jum’at (19/7/2019) hingga Sabtu (20/7/2019) di Gedung Rachmad Hernadi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Pelatihan ini berlangsung selama +- 6 Jam yang dimulai dari pukul 08.30 WITA hingga 15.00 WITA dan dihadiri oleh +- 33 peserta yang terdiri dari kepala Laboratorium dan para Laboran di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.

Adnan Rahman, Direktur Globe Consulting Indonesia (GCI) didaulat sebagai Narasumber dalam Bimbingan Teknis Laboratorium berbasis SNI ISO/IEC 17025:2017 ini. Beliau memaparkan berbagai hal yang harus dipersiapkan dalam persiapan menuju Laboratorium Terakreditasi.

Hari pertama bimbingan teknis laboratorium ini Bapak Adnan banyak memberikan pengantar tentang akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017. Selama sesi bimbingan hari pertama beliau banyak menekankan hal-hal dasar dalam akreditasi dengan tujuan menyamakan pemahaman para kepala laboratorium tentang akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017, dan menyinggung beberapa hal yang harus dipersiapkan menuju akreditasi laboraorium.

Hari kedua bimbingan teknis laboratorium diisi dengan penjabaran masing-masing poin dalam mempersiapkan akreditas laboratorium secara terperinci. Dalam pelatihan yang berjalan dengan santai ini banyak terjadi diskusi antar Kepala Laboratorium dengan Bapak Adnan, tidak ketinggalan antusias para laboran yang sangat banyak memperoleh ilmu dalam mempersiapkan Laboratorium yang terstandarisasi dipelatihan ini.

Acara ditutup dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Dr. Bernatal Saragih, M.Si dan penyerahan sertifikat kepada narasumber Bapak Adnan Rahman.