Visi dan Misi

Pengembangan dan pelaksanaan program/kegiatan di Faperta merupakan bagian integral dari pembangunan dan pengembangan Unmul sebagai Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum. Oleh karena itu, visi dan misi yang ditetapkan oleh Fakultas Pertanian harus relevan dan mendukung visi dan misi Unmul. Perumusan visi Fakultas Pertanian dilakukan berdasarkan penelaahan terhadap visi Unmul, yang secara berjenjang juga mengacu pada visi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

 

Visi Universitas

Universitas Mulawarman telah menetapkan visi jangka panjangnya sebagai “Universitas berstandar internasional yang mampu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bertumpu pada sumber daya alam (SDA) khususnya hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya”.

Selanjutnya, berdasarkan kondisi aktual dan permasalahan Unmul saat ini maka visi jangka menengahnya (2015-2019) Unmul ditetapkan sebagai “Mewujudkan Unmul Menjadi Pendidikan Tinggi Unggulan yang Didukung oleh Sumber Daya dan Sistem Pengelolaan Profesional”.

 

Rencana Pengembangan Jangka Panjang

RPJP Unmul 2014-2034

 

Visi Fakultas 2015-2019
Berdasarkan hasil kesepakatan pemangku kepentingan di Fakultas Pertanian dan dengan mengacu pada Visi Unmul, maka Visi Fapertatahun 2015-2019 diformulasikan sebagai “Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang Unggul dalam Bidang Pertanian Tropika Basah”.

 

Misi Fakultas 2015-2019

Dalam rangka mewujudkan visi yang dirumuskan seperti tersebut di atas, maka dirumuskan misi Faperta 2015-2019 terkait dengan pengembangan Faperta sebagai berikut:

  • Mengembangkan bahan pembelajaran yang mengacu pada PIP Unmul dan disesuaikan dengan kompetensi masing-masing program studi di Faperta.
  • Mendorong berkembangnya kelompok penelitian yang berfokus pada berbagai aspek pertanian tropika basah yang berorientasi pada penemuan teknologi tepatguna dan hilirisasi hak kekayaan intelektual.
  • Membangun kerjasama yang sinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka implementasi dan kontribusi iptek pertanian tropika basah dalam pembangunan daerah dan nasional.
  • Melakukan penguatan kelembagaan dalam mencapai lembaga unggul dan akuntabel yang dikelola oleh SDM yang profesional dalam bidang pertanian tropika basah.