Berlanjut selang seminggu setelah webinar sebelumnya, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman kembali melanjutkan Webinar Laboratorium Seri 5 di akhir tahun 2020 ini, di momen kali ini Fakultas Pertanian mengangkat materi pembahasan yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajari di laboratorium yang ada di Fakultas Pertanian. Pada hari Sabtu (19/12/2020) pada pukul 09.00 WITA, Fakultas Pertanian mengadakan Webinar Seri 5 dengan tema “Selidik Cepat Tanah di Lapangan” via Daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini diawali oleh Bapak Arif Rahman, SP sebagai Pembawa Acara (MC) pada kegiatan pagi hari itu.
Dikesempatan berikutnya sama dengan webinar sebelumnya acara pun dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. H. Rusdiansyah, M.Si. yang menyampaikan harapan atau ucapan syukur dan selamatnya atas terselenggaranya acara ini, “Jadi kalau kita melihat betapa pentingnya tanah bagi kehidupan tanaman maka diperlukan berbagai teknik bagaimana cara kita memanfaatkan tanah sebagai media tumbuh bagi tanaman kaitan konteks ini adalah praktek pertanian. Selamat berwebinar pada hari ini dan mudah-mudahan bisa memberikan solusi dalam memberikan gambaran yang baik untuk pertanian khususnya di Kalimantan Timur.” ujar kutipan kata sambutan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Di kesempatan berikutnya masuk ke bagian inti acara yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh Moderator Webinar Seri 5 ini yaitu Bapak Donny Dhonanto, SP., M.Sc (Kepala Laboratorium Kartografi dan Sistem Informasi Geografis / Dosen Fakultas Pertanian) yang pada webinar ini menyampaikan profil biodata diri dari kedua narasumber yang berasal dari Fakultas Pertanian yang hadir di acara webinar tersebut, diantaranya yaitu Ibu Roro Kesumaningwati, S.P., M.Sc, beliau merupakan narasumber yang berperan sebagai Kepala Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian yang menjelaskan sekilas tentang laboratorium tanah serta mengangkat pembahasan materi sesuai tema kali ini seputar Pengamatan Tanah Secara Cepat di Lapangan, kemudian dilanjutkan dari narasumber kedua penyampaian dari Ibu Dr. Rabiatul Jannah, SP., MP. beliau merupakan Sekretaris Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian yang menyampaikan seputar pembahasan materi Penentuan horizon penciri dengan selidik cepat ciri tanah.
Silakan Download Materi disini
Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sangat menarik dimana partisipan sangat ingin tahu khususnya dari para mahasiswa/i universitas mulawarman maupun dari peserta umum lainnya yang cukup antusias dalam bertanya di kolom chat zoom dan raise hand seputar pembahasan materi yang diangkat di webinar kali ini. Masuk ke penghujung acara yaitu sesi pemberikan sertifikat kepada pemateri dan foto bersama antara narasumber dan peserta yang hadir pada saat acara webinar tersebut.

Selengkapnya dapat dilihat kembali di channel youtube FAPERTA UNMUL TV