#


Jurusan/Program Studi Perternakan telah melalui proses yang cukup panjang, dimana sebelum menjadi Jurusan/PS peternakan terlebih dahulu melaui SK Rektor UNMUL No.168/KP/2005 tanggal 20 Juni 2005 dalam bentuk Konsentrasi Studi Peternakan yang berada di bawah Program Studi Agronomi pada Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Sejak tahun 2005 Konsentrasi Studi Peternakan menerima mahasiswa baru sebagai angkatan pertama melalui jalur ujian masuk lokal.

Dalam perkembangannya Konsentrasi Studi Peternakan memperoleh ijin penyelenggaraan sebagai Program Studi Peternakan (S1) pada Fakultas pertanian Universitas Mulawarman melalui SK Dikti No.803/D/T/2009 Tanggal 22 Mei 2009. Dengan demikian maka Program Studi Peternakan merupakan program studi termuda di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.Pada waktu yang sama pula berdirilah Jurusan Peternakan Universitas Mulawarman.

Bidang ilmu kajian pada PS Peternakan meliputi Produksi Ternak, Nutrisi Ternak, Teknologi Hasil Ternak dan Sosial Ekonomi Peternakan. Sehingga kompetensi keilmuan sarjana peternakan (SPt.) mencakup bidang ilmu peternakan secara komprehensif.

Sampai dengan saat ini telah terjalin kerjasama yang baik dengan berbagai stakeholder bidang peternakan seperti dengan Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur dan tingkat Kota/Kabupaten di Kalimantan Timur, perusahaan lokal dan multi nasional, dan praktisi di bidang peternakan.

Visi

“Menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang keilmuan peternakan di lingkungan tropika basah dalam mendukung pembangunan industri peternakan yang berkelanjutan”.

Misi

  1. Memberikan kesempatan pada masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi dibidang peternakan yang berorientasi pada lingkungan tropika basah.
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul, bermoral, mandiri dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.
  3. Meningkatkan relevansi dan kualitas penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang peternakan serta mengaplikasikannya untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Meningkatkan pelaksanaan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang peternakan dengan memanfaatakan sumberdaya yang dimiliki secara optimal.
  5. Mengembangkan sikap dan semangat keilmuan guna mewujudkan atmosfir akademik bagi seluruh civitas akademika.
  6. Memberdayakan sumber daya secara optimal, mandiri, bekerjasama dengan pihak lain untuk menjamin perkembangan dan peningkatan kualitas, akuntabilitas, fungsi, dan peran Perguruan Tinggi.

Fokus Penelitian

  • Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik Lokal
  • Pengembangan Pola Integrasi Ternak (Agroforestry, Sawit-Sapi, dll)
  • Peternakan dalam Reklamasi Pasca Tambang
  • Peternakan di Lingkungan Tropika Basah