Agroekoteknologi

.........................

#

Pertanian Membangun Masa Depan

Akreditasi B

SK BAN-PT No. 030/BAN-PT/Ak-VX/S1/X/2012


Visi, misi, dan tujuan Program Studi Agroekoteknologi dibuat sejalan dengan visi, misi, dan tujuan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Penyusunan dan penetapan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Agroekoteknologi diawali dari pembentukan tim kecil yang terdiri atas ketua, sekretaris Program Studi Agroekoteknologi dan beberapa dosen yang memiliki konsep dan visi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, kualitas lulusan, dan kualitas pelayanan di tingkat Program Studi. Hasil dari curah pendapat tersebut selanjutnya dituangkan dalam bentuk konsep secara garis besar dan dipaparkan serta disetujui dalam pertemuan Program Studi yang melibatkan semua dosen Program Studi Agroekoteknologi. Visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah disetujui/ditetapkan kemudian disosialisasikan ke seluruh sivitas akademika agar visi, misi dan tujuan Program Studi Agroekoteknologi dapat dipahami dan dapat dilaksanakan secara menyeluruh dan menjadi tujuan utama dalam proses kegiatan belajar mengajar.


Visi Program Studi

Visi Program Studi Agroekoteknologi Universitas Mulawarman adalah sebagai pusat pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di bidang pertanian yang berkelanjutan dengan kekhasan tropika basah serta mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang bertaqwa, kompetitif, profesional dan mandiri.


Misi Program Studi

Misi Program Studi Agroekoteknologi adalah :
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang pertanian yang berkelanjutan dengan kekhasan tropika basah.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian.
  • Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, kompetitif, profesional dan mandiri.

Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman adalah :

  • Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kompetitif, profesional, mandiri dan mempunyai jiwa kepemimpinan serta mampu menerapkan ilmu pertanian yang diperoleh untuk merancang, menganalisa, dan melakukan kegiatan di bidang pertanian.
  • Melaksanakan dan mengembangkan penelitian serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian yang berkelanjutan


Sasaran Program Studi dan Strategi Pencapaiannya

Terdapat 4 sasaran penyelenggaraan Program Studi Agroekoteknologi, yaitu

1. Sasaran di bidang pendidikan dan penelitian :

  • Dihasilkannya lulusan yang memiliki moral dan etika yang baik.
  • Dihasilkannyasarjana yang kompeten, yang mempunyai pengetahuan, keahlian dan kemampuan sehingga mampu bersaing di tingkat nasional.
  • Meningkatnya kualitas penelitian sehingga dapat dipublikasikan/dipatenkan baik secara nasional serta diaplikasikan secara riil untuk membantu memecahkan permasalahan industri dan masyarakatpertanian.


Strategi Pencapaian dan Pengembangan :

  • Meningkatkan kualitas Program Studi dalam menghasilkan lulusan dengan rata-rata Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang tinggi dan tepat waktu.
  • Mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum yang mampu menjawab kebutuhan pasar.
  • Memberdayakan laboratorium untuk menunjang pendidikan dan penelitian (Laboratory based education and research).
  • Meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait.
  • Mengembangkan budaya penelitian untuk menghasilkan luaran berupa publikasi/jurnal/seminar di tingkat nasional maupun internasional, serta hak paten.
  • Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.


2. Sasaran di bidang pengabdian masyarakat :

  • Meningkatnya jumlah dan kualitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.


Strategi Pencapaian dan Pengembangan :

  • Meningkatkan kerjasama dengan mitra industri pertanian, mitra lokal dalam pemberdayaan masyarakat di daerah binaan.
  • Membekali mahasiswa dengan pemahaman tanggung jawab etika dan profesi serta menciptakan kepedulian terhadap dampak sosial yang ditimbulkan dari aktifitas profesinya.
  • Meningkatkan jumlah dan kualitas program pengabdian kepada masyarakat.


3. Sasaran di bidang pengembangan sarana dan prasarana:

  • Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung terciptanya kondisi proses belajar mengajar yang baik.


Strategi Pencapaian dan Pengembangan :

  • Menerapkan skala prioritas dalam pengembangan sarana pendidikan dan pengajaran.
  • Meremajakan/mengganti peralatan perkuliahaan dan laboratorium yang sudah tidak berfungsi di laboratorium pendidikan maupun penelitian
  • Menambah kemampuan dan kemudahan untuk akses internet bagi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.
  • Menciptakan kondisi yang nyaman untuk belajar di dalam maupun di luar kelas.


4. Sasaran di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM):

  • Meningkatnya kinerja dosen maupun tenaga kependidikan.
  • Meningkatnya kualitas sumberdaya manusia baik dari dosen maupun tenaga kependidikan.


Strategi Pencapaian dan Pengembangan :

  • Melaksanakan sistem penghargaan dan sanksi.
  • Mendorongdosen untuk studi lanjut S2, S3 dan non degree training.
  • Mengirimkan tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan/workshop yang berkaitan dengan bidang keahlian.
  • Mengadakan kuliah tamu dengan nara sumber yang berasal dari alumni, para pakar industri pertanian dan perguruan tinggi lain baik dari dalam maupun luar negeri.